Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Tanpa MSG

Posted by with 5 comments

Cara membuat nasi goreng sederhana tanpa MSG banyak dicari para bunda yang ingin menyajikan nasi goreng lezat tanpa bumbu perasa instan. Tapi apa benar bisa enak? Nah...bunda, ini saya share pengalaman saya memasak nasi goreng dengan bumbu yang sederhana, enak disukai suami dan anak-anak. Biasanya, yang bikin kangen itu nasi goreng warung malam yang dijual di tempat keramaian. Tapi, pasti deh...keesokan harinya tenggorokan langsung sakit karena efek bumbu perasanya bener-bener tajam. Hihi....*setajam silet #eh...

Cerita dulu ya, gimana awalnya saya bisa menemukan resepnya. Haha....sedikit lebay sih tapi ini memang pengalaman yangwah buatku sebagai ibu muda yang dulunya nggak bisa masak kecuali masak nasi di rice cooker. 


Kilas balik ----------Sebelum jago masak (hihi...padahal sekarang juga belum jago kok....
Saat ngobrol dengan bibi yang anaknya udah SMP, beliau cerita kalau masak nasi goreng itu susah luar biasa. Tiap kali bikin, selalu dibuang karena suami dan anak-anaknya nggak doyan. Nah,saya mikir bund....”waaah, bener juga lho, saya juga bikin bolak balik seringnya dimakan ayam” Tapiiii.....masak sih sampek anaknya gede masuk SMP tetep nggak bisa masak nasi goreng????””
Di situla, saya ujicoba nyari resep, mulai googling, nanya ibu dan gabung di grup fb yang fokus bahas trik memasak. Akhirnyaaaaa, taraaaa....AKU BISA, BUNDAAAA......Tapi memang lebih suka yang nasi goreng sederhana tanpa MSG, jadi aman untuk keluarga. Catet ya bund....

Bahan    

                 
Sepiring nasi putih suhu normal (nggak anget ya)
Minyak goreng 1 sdm
2 siung bawang merah
1 cabe rawit (sesuai selera)
1 cabe besar merah (ukuran sedang buang bijinya)

Langkah :

1.  Iris tipis bawang merah
2.  Uleg cabe rawit, bawang putih dan cabe besar hingga halus
3. Panaskan minyak
4. Masukan irisan bawang merah, goreng sampai aroma tercium harum
5. Masukan bumbu halus sambil digoreng kemudian masukan nasi putih, nah kalau hampir mateng 6. 6. Segera matikan kompor baru taburi garam dan gula. (jadi, diberi saat finishing yak)


Goreng sreng sreng...sambil gaya ala penjual nasgor yang profesional. Hihi....kalau nasi sudah kelihatan merahnya merata dan ada beberapa nasi yang meletup kenceng, matikan api. Nasi goreng siap disajikan


TIPS >> Urutannya jangan dibolak balik ya bund...

Karena meski bahan sama tapi tahapannya beda, yaa pastinya beda rasa. Dulu saya sering menyepelekan resep lho tapi setelah faham beberapa cara mengolah bumbu ternyata memang berlaku untuk semua jenis masakan. Naaaah, sudah tahu kan cara membuat nasi goreng tanpa MSG, selamat mencoba silahkan berkreasi dengan aneka sayur, sosis, atau daging. 

  

5 komentar:

  1. Kalo untuk suami dan anak2, aku masak ga pake msg mak. Suami suka ngomel. Tapi kalo untuk diriku sendiri, royconya ga boleh ketinggalan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiiiiaaaah, mak Leyla harus latihan dooong :)

      Hapus
  2. ooh jadi garam dan gulanya ditaburin setelah nasgornya matang ya....
    makasih tips nya, akan saya coba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, supaya kandungan yang ada di garam tidak rusak dan rasa garam akan lebih kuat sehingga hanya memerlukan sedikit ketimbang saat dimasukkan pada awal memasak

      Hapus
  3. mau coba ahhhh mudah dan simpel resepnya ya mak ;)

    BalasHapus

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.