7 Kiat Memanfaatkan THR Tanpa Khawatir Kenaikan Harga

Posted by with No comments
Memanfaatkan THR perlu dilakukan selama menjelang lebaran dan pasca lebaran. Perencanaan  Tunjangan  Hari Raya (THR)  yang baik akan menuai manfaat dan menekan tingkat komsutif anda selama lebaran.  Berikut  7 Tips yang bisa anda lakukan dalam memanfaatkan THR;



1.       Buatlah Daftar Keinginan dan Kebutuhan

Anda perlu membuat list keinginan dan kebutuhan supaya anda dapat memangkas keinginan yang masih bisa dipenuhi pasca lebaran. Sehingga THR anda dapat dimanfaatkan secara optimal



2.       Membayar Sedekah, Sumbangan dan Zakat

Anda bisa menyalurkan THR anda ke beberapa Lembaga Amil Zakat. Kewajiban membayar zakat sebagai seorang muslim bisa anda prioritaskan.



3.       Mudik

Bagi anda yang memiliki keluarga yang lokasinya jauh dari tempat tinggal, THR bisa anda manfaatkan untuk  mudik. Bila uang THR anda cair dua minggu sebelum lebaran, anda bisa gunakan untuk membeli  tiket atau disisihkan untuk anggaran transportasi.



4.       Kebutuhan Sekolah Anak Anda

Memanfaatkan THR juga bisa dialokasikan untuk biaya daftar ulang sekolah anak anda karena memang bulan Ramadhan dan Syawal berdekatan dengan jadwal masuk sekolah anak.



5.       Biaya Kebutuhan

Harga kebutuhan rumah tangga saat Ramadhan hingga jelang lebaran biasanya merangkak naik. Anda tidakperlu khawatir, memanfaatkan THR dengan baik untuk mencukupi kebutuhan primer juga bisa menjadi solusi bagi anda.



6.       Investasi Tahunan

Investasi yang anda sisihkan bukan hanya bulanan, tiap tahun anda pun bisa investasi dengan memanfaatkan THR. Tentunya cara ini bisa meningkatkan rencana keuangan anda di masa depan.



7.       THR Karyawan Anda

Anda memiliki asisten rumah tangga atau sopir? Dengan cara memanfaatkan THR untuk diberikan mereka tentu sangat aman karena terlepas dari perencaan gaji utama anda.

Dari 7 Kiat MemanfaatkanTHR Tanpa Khawatir Kenaikan Harga diatas, anda harus pintar membaginya. Langkah pertama yakni membuat daftar keinginan dan kebutuhan bisa jadi acuan prosentase, misalnya 60% untuk kebutuhan konsumsi (mudik, THR karyawan), 20 % untuk zakat dan sisanya untuk investasi. Masing-masing personal memiliki perhitungan yang berbeda. Point terpenting adalah jika anda bijak memanfaatkan THR setiap tahunnya bisa meningkatkan kualitas anda dalam merencanakan keuangan keluarga. 

0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.