Awas, Radang Tenggorokan!

Posted by
Sobat Bee-Blog, pernah kepikiran nggak pengen menyelesaikan ‘target’ harian? Ya, semacam ODOJ lah. One Day One Juz?



Kalau saya, pengen banget. Ya, karena tugas IRT kan itu-itu saja, bikin jenuh alias BeTe bagi mantan aktivis macam saya nih ***tssaaaahh. Akhirnya, saya bikin target pribadi.


ODOP : One Day One Page,

ODOP :One Day One Posting,

ODOV : One Day One Vocab untuk diapalin.

ODOD : One Day One Recipe, buat ngasah cooking and baking.

Hadeeeewh, wal-hasil. Gampang sakit

Gampang sakit itu ternyata dipengaruhi fit atau nggak si tubuh kita. apa yang kita konsumsi nggak sebanding dengan aktivitas kita. bener deh, hati-hati banget. Beberapa bulan ini, saya gampang sakit. Ku yang dulu bukanlah yang sekarang. Dulu, jarang ke dokter, sekarang tiap bulan bisa ke dokter. Mulai dari sariawan tahunan (maklum, tinggal deket dengan kota angin), sinusitis tahuan kalau pas musim hujan, akhir-akhir ini asam lambung naik dan radang tenggorokan.

Setelah menjalani perenungan, ternyata emang bener, pola makan dan pola hidup yang tidak bagus bisa mengundang si virus atau bakteri seneng bersarang di tubuh kita. Jujur deh, saya mudah stres karena jarang ngeblog. Hihihi….*apa hubungannya, coba?

Bisa nulis itu jadi obat tersendiri, harus disempetin. Ini jadi obat ‘mujarab’ yang murah dan bermanfaat. Kayak sekarang nih lagi sakit, harus nge-update blog di tengah malam. Untuk apa? Mengurangi rasa sakit radang tenggorokan .

Lanjut.

Tiga hari yang lalu, ngerasa ada sariawan di mulut. Buat makan susah, eh lama-lama nelen juga sakiiiit banget. akhirnya, googling sana-sini, ketahuanlah kalau saya ini lagi sakit radang tenggorokan. (Ciiiieeeh, jaman sekarang ya, belum berobat ke dokter udah bisa tahu sakit apa ^_^). Makasih banyak deh buat para blogger. 

Gambar pinjem dari sini


Dalam bahasa kedokteran radang tenggorokan disebut Faringitis. Penyakit yang nyerang baatang tenggorokan. Tandanya bengkak kemerahan di dinding tenggorokan, bintik-bintik putih. Nah, penyebabnya diserang bakteri Bakteri Streptococcus Pyogenes yang dikenal juga sebagai kelompok streptokokus A. Terjadilah infeksi di bagian tenggorokan (Faring) dan infeksi tersebut menyebabkan peradangan. Ternyata oh ternyata, bakteri ini gampang banget menular, menyebar saat kita batuk dan bersin. Bisa lewat makanan dan minuman.

Nggak mau berlama-lama, saya langsung aja ke dokter. Dan, bener deh ‘prediksi’ saya. Kata dokter, radang tenggorokan yang saya alami. Setelah disorot cahaya lampu senter, kelihatan kalau dinding radang tenggorokan saya merah.

Saya pun langsung memilih obat dokter ketimbang coba-coba obat tradisional. Diimbangi dengan istirahat cukup dan makan makanan bergizi, supaya segera sehat lagi. Saya yakin, bakteri atau virus apapun yang ada di sekeliling kita, enggan menyapa kalau tubuh kita fit. Karena, tubuh punya anti bodi yang sangat kuat. Nyadar banget, kalau beberapa minggu terakhir maem telat dengan menu sekedarnya (garingan nggak pake sayur. hiks)

Oke lah, Sobat. Keep your health!

Jangan sampai target harian, bulanan dan tahunan yang udah kita rencanakan jadi biang keladinya. Sampai-sampai lupa makan dan lupa nge-blog. Hihihi…..