Break Your Routine

Posted by
Source
Potong rutinitasmu! Kalimat motivasi yang juga digagas Yoris Sibastian seorang creative consultant.


Merasa bahwa hidup ini kok itu-itu saja yang dikerjakan. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, ketemu dengan orang sama. Ritmenya sama. Itulah rutinitas. Nggak hanya para pekerja saja yang merasakan, seorang pelajar yang masih duduk di bangku sekolah pun juga.

Yang membedakan mungkin ada di ‘tanggung jawab’. Seorang pekerja yang sudah berumah tangga mungkin akan bekerja lebih keras demi mencukupi kebutuhan keluarga. Kalau masih sekolah, ya, santai saja. Kan pengen sesuatu tinggal bilang ke orang tua?

Siswa saya yang duduk dibangku SMP, sebut saja Rama pernah mengeluh saat saya beri tugas menulis buku harian. “males bu, yang ditulis tiap hari semua sama saja” katanya dengan pasang muka kusut banget.

Saya tidak memaksa, seiring dengan banyaknya pengaduan siswa, secara serentak menolak tugas yang saya berikan, nulis diary. Meski ada juga segelentir siswa yang masih menulis hingga sekarang.

Eits, bicara soal bosan dengan aktivitas yang sama, saya juga pernah mengalaminya. Saat ini, para siswa tinggal di asrama, mirip kayak saya dulu mondok di pondok Wali Songo, Ponorogo. Jadwal keseharian sudah ditentukan pihak asrama. Berangkat sekolah, mencuci, mandi dan tidur semua sudah terjadwal. Ehm, you know?? I was bored.

Kala itu, saya berusaha menjalani hari penuh syukur dan menemukan hal baru jadi solusi. Mosque and library were been my favorite place. Berasa dapat ilham untuk ngejalani hari-hari yang ‘menyebalkan’ karena saya harus belajar mati-matian memahami bahasa Arab yang belum pernah saya kenal.

Tidak butuh waktu lama, saya sangat menikmati proses belajar. Awalnya, saya nggak kerasan, pengen pulang. Saat ada waktu jeda, saya menyendiri di masjid atau di perpustakaan. Ragam curhatan tumpah ruah ke dalam Al-Qur’an dan buku. Senyum sendiri, saat baca buku atau majalah jadi cara ampuh menetralisir kebosanan. Ditemani uraian air mata, isak tangis tak tertahankan saat membaca Alqur’an karena rindu hidup ‘bebas’ kerap terjadi. 

Source


Break your routine!

Sekali lagi, potong rutinitasmu sejenak. Larilah ke tempat yang paling sepi. Kemudian, temukan hal baru yang bisa mengubah hidupmu. Carilah cara ‘sendiri’ menemukan hal kreatif melalui Al-Qur’an, buku dan gadget yang kamu pegang saat ini (dulu, zaman saya belum ada gadget). Jika semuanya seimbang, hari-harimu tentu tidak akan membosankan, tapi malah tertantang untuk membuat hidupmu lebih berwarna. Lebih berprestasi dalam segala bidang (bukan hanya akademik)


Ritme hidup siapa pun semuanya sama, yang membedakan adalah semangat. Racikan cinta, kepekaan hati, kerja keras dan kreativitas jadi senjata membunuh fatamorgana. Percayalah!


Spesial buat siswa SMP IT Bina Insani, selamat weekend ^^