Bedah Resep

Posted by with 2 comments
Lamaaaa banget baru bisa update, sebenarnya banyak kegiatan bareng adek-adek  yang belum sempat saya tulis. Laptop ngambek, nggak ada yang bisa dipinjemin. Nah, kali ini saya mau cerita soal acara Minggu kemarin, masak-masak bikin kue. Awalnya, nggak ada niat mau masak, tapi karena usai  musyawarah halal bihalal, pada kumpul anggota We Ce yang ‘maksa’ minta praktek bikin kue. 

Si Della sih biang keladinya, gara-gara liat majalah resep donat plus bahan-bahan ada di meja. Langsung deh, main todong aja. Tapi nggak apa-apalah hiburan saat puasa, biar ngiler. 



Udah sepuluh kali praktek donat nggak jadi-jadi, semua karena uji coba pake susu cair. Ada resep yang bilang nambahin susu cair, air dingin, air hangat…..hallaaaah, semuanya bikin donat saya jadi bantat. Sempet bingung mau dikemanain hasil adonan gagal! hah@

Eits, anaknya si  mbak yang kerja di rumahku, dia doyan loh sama kue hasil resep gagal. Meski rasanya nggak sip, dianya lahap, karena emang jarang makan enak kali……#ups, maafin.

Langsung ya, resep kali ini nyontek majalah. Sebelumnya saya tanya ke adek-adek, apa sih kandungan kentang? 

Tak ada yang jawab coba! Sebel kan! ---payah---

Tapi ada juga anak yang bisa, dia anak cowok, pas lagi liat kita masak ( masak khusus cewek, kan)  Ini tantangan buat saya, gimana bikin acara bermain sambil belajar. Yah, taman baca ini mirip sekolah alternatif bukan taman baca, lha…..yang  datang nggak pernah pinjem buku, cuma dilihatin gambar doang  #speechless

Akhirnya, muncullah ide judul acaranya…..BEDAH RESEP…..
Saat nguleni adonan, saya jadi guru menjelaskan kandungan gizi dalam donat. Kandungan gizi pada tepung, telor, susu.
Proses pembuatan tepung, margarine…dan lain-lain

Mereka sepertinya lebih faham, kalau ada acara beginian mereka betah berlama-lama, tapi kalau pas lagi sepi nggak ada acara, sama sekali nggak ada yang pinjem buku? Tak bisa memaksa anak untuk suka baca buku kalau dari rumah orang tua nggak mendukung. Ya nggak?

Eh, kembali ke bedah resep, meski mereka pulang tidak bisa bawa kue donat. Mereka pulang dengan segudang cerita ke emak-emak mereka, seneng dan antusias. Donat sengaja ditaruh di rumah saya, ntar pas menjelang bedug, kumpul di rumah saya untuk mereview kembali pelajaran memasak hari ini. 

Akhirnya, di penghujung acara, saat mereka ngambil donat yang berbalut cokelat dan kacang oven, saya sedikit ‘ceramah’ ***hahaha…..

Kemudian ditutup, dengan
“Adek-adek, kalau ada acara masak bulan depan, kakak kasih tugas ya, buat bedah resep, ntar diberi bocoran resep terus dicari kandungan gizi dari bahan yang akan diolah, okeyyy?! Boleh lihat buku kok! Pesanku…

Bye-bye, ketemu lagi di acara seru selanjutnya….^^ 
Gambar (karena hape juga lagi sakit, kapan-kapan aja ya fotonya)

2 komentar:

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.