Membiasakan Anak Aktif Bergerak

Posted by

Beberapa bulan yang lalu, suami saya mengajak si sulung yang masih balita lari pagi, dengan jadwal rutin, namun akhir-akhir ini lebih suka nonton televisi dan bermain gadget milik ayahnya, dia sulit sekali bermain dengan teman, dia lebih ‘menikmati’ dunia baru. Perkembangan teknologi yang semakin canggih ternyata mempengaruhi pola hidup seorang anak, dan apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut tentu akan berdampak tidak baik ketika remaja. Saya pun berusaha merubah pola hidup keseharian, tak ada salahnya para orang tua juga demikian supaya anak-anak tumbuh kembang dengan baik.


Meminta anak bermain di luar rumah bersama teman-temannya. Atau boleh juga menyarankan untuk melakukan olahraga secara teratur dan terukur. Mungkin dengan berenang atau bersepeda, 30 menit – 1 jam, setidaknya 3 kali seminggu. Paling baik jika dapat dilakukan setiap hari. Percayalah, jika dibiasakan, perilaku baik ini akan menetap hingga usia anak dewasa


Selain itu, membantu anak untuk berpartisipasi dalam berbagai macam kegiatan yang sesuai dengan umurnya misalnya kerja bakti membersihkan halaman atau menanam bunga. Upayakan jadwal untuk kegiatan fisik dengan teratur. Menyatukan kegiatan menjadi kegiatan yang rutin, seperti menggunakan tangga dibandingkan dengan lift. Dan yang paling penting adalah orang tua menjadi teladan dalam menerapkan pola hidup sehat, sehingga dapat dijadikan acuan buat keluarga.