Kolom Jawa Pos “Gagasan” yang tertunda

Posted by with 16 comments

          Alih-alih ngebet namaku tercantum di Koran ini, dalam semalam ngebut buat tulisan sebanyak 250 kata. Apalagi, udah punya NPWP yang menjadi persyaratan nulis gagasan. Terlintas inpirasi menulis padachari minggu siang, tentang motivasi masuknya siswa usai liburan. Eng-ing-eng…..^^ dibawah ini tulisannya :
(baca dong, kritik lebih oke tuh supaya tulisanku lebih mantapz lagi kedepannya)
Ayo, Beri Motivasi Siswa Kembali ke Sekolah
Libur sekolah segera usai, semua siswa mulai dari jenjang PAUD hingga mahasiswa kembali menjalani rutinitas belajar di sekolah. Barang kali, ada sebagian siswa yang semangat, tapi ada juga yang enggan ke sekolah karena liburan panjang ‘memanjakan’ siswa sejenak. Lepas dari rutinitas dan berkumpul dengan sanak saudara. Oleh sebab itu, perlu adanya motivasi dari pihak sekolah dan keluarga supaya siswa gembira dengan kembalinya sekolah. Selain menambah semangat belajar, saya pikir motivasi ini juga menjadi instrumen pendekatan emosional para pengajar kepada siswa maupun wali murid.
Secara teknis, tiga hari sebelum masuk sekolah, bagian humas sekolah memberikan motivasi via SMS, akun fanpage sekolah (bagi yang memiliki), tegur sapa, mengingatkan ataupun melakukan pembagian tugas guru dalam ‘proses’ penyambutan siswa ketika awal masuk sekolah. Begitu juga dengan para wali murid, senantiasa mendampingi siswa, memberikan semangat siswa dengan membuka kembali buku-buku pelajaran, membaca dan mengulang pelajaran. Memotivasi siswa untuk semangat belajar tidaklah mudah, butuh konsistensi antara pihak sekolah dan wali murid.
Ada kalanya siswa jenuh dengan rutinitas di bangku sekolah, liburan menjadi momentum yang menyenangkan bagi siswa hingga sebagian siswa enggan kembali ke sekolah. Anda sebagai orang tua atau pengajar? Ayo, segera beri motivasi untuk semangat belajar dengan berbagai cara yang tiap orang berbeda. Wah, senangnya kembali ke sekolah bertemu bapak, ibu guru dan teman-teman…..

Kalo dari penilaianku lumayan, Cuma kurang ilmiah kali ya….(*maksudnya gimana*---ehmm)
Aku tersadar kalau hari Senin (09/07/2012) siswa-siswa udah pada masuk sekolah. So, ya jelas telat bangetsss….Hufh. Gpp deh, menulis itu sehat, kan? jadi gak ada ruginya kok mau nulis apa aja.

16 komentar:

  1. Anakku baru masuk sekolah tgl 16 Mbak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Dey, sekolah SDIT kah? ehm...kalau sekolah negeri, anak2 sekitar rumah dah pada masuk. makasih mb dah berkunjung di Tinta Ungu.

      Hapus
  2. tulisannya sudah bagus mak...ayo semangat menulis teruss ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak dah berkunjung, iya emang kudu terus latihan, spy bisa segera nentuin passion kemudian fokus. So....gak bingung2 lagi deh ^^

      Hapus
  3. Udah bagus kok mbaaak! Aku juga lagi belajar terus niiih! ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb Mayya, kadang aku kepengen ngambil template yg lebih ok bagian2 tema. cuman yg simple aja msh suka bingung, apalagi yg neko2.hehe, oya mb, ngerti chemistry-nya blog? mb Mira Sahid KEB, bilangnya githu....pengen belajar aja

      Hapus
    2. Mb Mayya, kadang aku kepengen ngambil template yg lebih ok bagian2 tema. cuman yg simple aja msh suka bingung, apalagi yg neko2.hehe, oya mb, ngerti chemistry-nya blog? mb Mira Sahid KEB, bilangnya githu....pengen belajar aja

      Hapus
  4. wew,,, kunjungan perdana hehehehe seklian dah tak follow

    BalasHapus
  5. Idenya kurang menggigit, misalnya bisa dicantumkan juga fungsi dan pentingnya motifasi, atau motifasi yang gimana yg menarik dan efektif untuk anak. Di sisi lain masih terkesan curhat. (jangan2 pas nulis ini emang lagi galau bikin motifasi buat Azzam. Hehehe...)
    Juga kata "saya pikir" lebih tepat digunakan untuk bahasa lisan,bukan tulisan. Semoga berkenan.

    BalasHapus
  6. iya,tulisannya bagussss mb
    emang nulis harus pake npwp ya mb?

    BalasHapus
  7. semanagt nulis...

    kunjungan perdana, salam kenal...ditunggu follownya

    BalasHapus
  8. bagus2 ternyata telat :) mungkin mbak nurul terlalu semangat jadinya gak liat tanggal.

    tapi memang libur momen untuk mengehilangkan jenuh tapi biasanya ketika udah kelamaan libur pingin sekolah dan sebaliknya.

    salam persahabatan

    BalasHapus
  9. salam kenal, weh latihan nulisnya dah ga di sebut latihan niiih...heee
    sampai jd pemenang....PLN,cahaya untuk indonesia

    ayoooo jgn berhenti beljarr..........!

    BalasHapus
  10. silaturahmi sob...

    salam kenal , perdana di sini sob..

    BalasHapus
  11. nulis itu gak ada kata telat. apalagi tulisan yg bermanfaat untuk byk org.
    semoga sukses aja deh.. udh bagus kok tulisannya, hanya kurang panjangan, terlalu pendek.

    BalasHapus
  12. Wah, saya baru kesini.. salam silaturahim dulu (^_^)/

    BalasHapus

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.