Cemburu bukan hanya karena wanita…

Posted by
Pernah nggak sih cemburu ? ehm…gmn rasanya? Benci, jutek, atau sampai nangis2 githu? Yang jelas galau banget ya…
Cemburu bukan saja pada wanita, cemburu bisa terjadi pada hal-hal apapun yg menyebabkan kita merasa tidak diperhatikan. Sejak dua pekan terakhir, suamiku tiap sabtu dan minggu sibuk tugas di luar kota, maklum lah PNS. Hari Sabtu dan Minggu jadi hari favorit. Apalagi senin sampai Jum’at kerjaannya nglembur, berangkat pagi pulang malem. Nah lho….(apalagi anak-anak masih bayi dan balita).
Merasa kehilangan, banyak cerita yang sampai lupa untuk diobrolkan. Menjelang malam, segera peluk bantal penghilang penat. Sedikitpun tak ada waktu untuk bercerita. Cemburu? Aku cemburu padanya, cemburu bukan karena khawatir dengan simpanan wanita baru, tapi cemburu pada lembaran-lembaran kertas dan banyaknya tinta yang ia tumpahkan di luar rumah.
Aku kembali bekerja di luar sempat menjadi pertimbangan. Menghabiskan waktu dengan tumpukan cucian piring, baju dan popok-popok bayi menjadi alasan. Waktu untuk membaca, memperkaya tulisan dan menyambung silaturahim dengan teman maya pun seakan tak ada. Waktuku tenggelam dengan rutinitas. Aku segera beristigfar, aku berusaha menikmati semua lakon hidup yang sudah Allah gariskan.
Aku terngiang dengan pertanyaan kawan lama dari pondok, “Bib, kamu sekarang udah dosen ya? Dimana?” *aku garuk-garuk kepala*
Dosen? Emang kenapa? “lho, kamu kan pinter dulu pas di pondok, sekarang DEPOT udah dosen lho, ngajar di Bogor!” tambahnya
-Hallaaahh…lebay pake muji-muji githu-
Aku semakin risih dengan pertanyaan itu, meski aku jawab dengan “iye, mpok ane udah dosen, ngajar bukan mahasiswa tapi minisiswa, hehehe ngajar anak balita maksudnye, anak gue, ah…empok Nunuk bise aje, ye…”
Percakapan sederhana ini terkadang membawaku pada sedikit penyesalan, keluar kata-kata -seandainya dulu-.
Ups…kembali ke topik cemburu, suami dan pekerjaannya telah menyita waktuku. Dengan dalih pekerjaan dan capek, aku merasa dikesampingkan,
“enak ya, laki-laki itu kerja keluar, selalu dapet suasana baru, suami usai outbound dari Kaliandra….me-refresh dan menjadikan hidup semakin enjoy, lha aku??”
Pernahkah kamu sebagai seorang ibu rumah tangga mengalami hal yang sama? Jika pernah, bagi-bagi tips ya supaya di rumah itu juga menyenangkan!!